Kamis, 29 Maret 2012

Marquez MOTO 2


 

KOMPAS.com — Marc Marquez secara resmi memperkenalkan motor barunya, Repsol-Suter, yang akan digunakan untuk bertarung memperebutkan gelar juara dunia Moto2 musim 2012. Event tersebut diselenggarakan di Barcelona, Selasa (27/3/2012).

Musim ini akan menjadi penampilan kelima Marquez di arena Grand Prix. Akan tetapi, persiapan pebalap asal Spanyol ini tak terlalu maksimal karena hampir selama uji coba resmi pra-musim harus fokus memulihkan kondisi fisiknya, yaitu cedera pada mata.
Pada beberapa seri pertama, kami akan fokus pada pekerjaan dan harus sabar. Kemudian, kita akan melihat apakah kami bisa memperlihatkan performa yang dimiliki pada seri-seri berikutnya, seperti musim lalu.
-- Marc Marquez
Marquez, juara dunia kelas 125 cc pada musim 2010 dan merupakan runner-up Moto2 musim lalu, termasuk salah satu pebalap paling spektakuler dalam sejarah Grand Prix karena bisa bangkit dari keterpurukan di awal musim. Setelah gagal mencetak poin di tiga seri perdana musim 2011, Marquez langsung "mengamuk" dengan meraih paling banyak kemenangan (tujuh kali) dibandingkan para rivalnya, dan mampu memimpin klasemen sementara di putaran ke-14.

Sayang, peluangnya untuk menjadi juara dunia dalam debutnya di kelas tersebut (Moto2) menjadi sirna, setelah rangkaian persoalan yang menderanya di tiga seri terakhir. Diawali dari penalti grid akibat kecelakaan hebat saat latihan di Australia, dan berlanjut ke kecelakaan fatal di Malaysia, yang mengakibatkan dia mengalami gangguan pada mata, dan harus absen hingga akhir musim, sekaligus memupus impiannya menjadi juara dunia.

Nah, untuk menyempurnakan pandangannya sehingga menjadi ideal untuk seorang pebalap, Marquez harus menjalani operasi. Alhasil, dia tak bisa ikut tes musim dingin. Baru pada uji coba terakhir di Jerez pada pekan lalu, Marquez bisa tampil lagi, dan sukses menduduki peringkat kelima.

Bagaimana peluang Marquez untuk musim baru ini, yang mulai bergulir pada 8 April mendatang? Meskipun tetap optimistis, Marquez berjanji untuk lebih sabar dan menunggu saat yang tepat untuk membuat kejutan.

"Saya absen di sebagian besar uji coba pra-musim, dan tentu saja saya kehilangan banyak sekali kilometer untuk menghadapi seri pembuka. Meskipun demikian, penglihatanku, yang sudah pulih 100 persen ketika ikut uji coba di Jerez, merupakan hal yang sangat penting," ujar Marquez.

"Kami melakukan sebuah pekerjaan yang hebat saat tes, yang bisa mengembalikan kepercayaan diriku saat berada di atas motor, dan itu merupakan latihan yang bagus. Sekarang kami hanya bisa melihat apa yang terjadi di Qatar."

"Persiapan kami tidak sempurna karena sejumlah rival masih selangkah di depan. Namun, itu berarti pada beberapa seri pertama kami akan fokus pada pekerjaan kami dan harus sabar. Selanjutnya, kita akan melihat apakah kami bisa memperlihatkan performa yang kami miliki pada seri-seri berikutnya, seperti musim lalu."

"Salah satu tujuan kami pada tahun ini adalah bertarung untuk memperbutkan gelar juara dunia Moto2, dan kami akan memberikan segalanya untuk itu, meskipun saya lebih suka untuk menghadapi balapan demi balapan dengan tidak terlalu memikirkan posisi di klasemen."

Seri perdana musim 2012 ini akan berlangsung di Qatar pada 8 April mendatang. Balapan di Sirkuit Losail itu akan berlangsung pada malam hari.

Tidak ada komentar: