Selasa, 14 Februari 2012

Ducati GP 12 900 cc/930 cc


hot news…ducati 2012 kapasitas mesinnya bukan 1000cc ataupun 800cc

bukan 1000cc bukan juga 800cc

Dengan digelontorkannya regulasa baru motoGp 2012 yang memperbolehkan mesin motor masal masuk meramaikan kejuaraan ini, pabrik-pabrikan motoGp pun telah memulai risetnya untuk menyiapkan mesin sesuai dengan regulasi. Dibalik regulasi tersebut terdapat dua pilihan opsi yang harus dipilih oleh pabrikan yang akan turun di tahun 2012, yaitu dengan kapasitas 800cc dan kapasitas 1000cc. tentu bro semua akan bertanya, knapa 800cc dan 1000cc diadu, 1000cc dong yang akan menang…orang kapasitas mesinnya lebih besar 200cc????.

2012... nesin yang benar-benar baru

Eeeiiiit tunggu dulu…. jangan anggap remeh 800cc ini, jika 800cc ga bisa bersaing, ngapain FIM bikin regulasi…. bnerga??? 800cc dan 1000cc disini dianggap setara powernya dari pembatasan diameter seher dari 1000cc yaitu 81mm sedangkan pada 800cc diameter sehernya sendiri dibebasi. bro sudah taukan apa efeknya jika diameter seher dibatasi 81mm, kan udah sering SLR bahas, tapi lebih baiknya kita balik lagi, dengan diameter 81mm tentu akan membatasi juga yang namanya stroke, stroke disini sangat berpengaruh pada Rpm mesin yang dicapai, semakin pendek stroke maka semakin tinggi Rpm yang dapat dicapai. bore hanya 81mm maka stroke yang didapat ada direntangan 48.5mm dan jika dikalkulasikan Rpm yang bisa dicapai adalah direntangan 15.000rpm-16.000rpm. Tentu sangat jauh dengan mesin 800cc yang Rpmnya ada di 18.000rpm-19.000rpm.

team desainer mesi ducati, dari komputer siap menciptakan mesin baru

Kita balik lagi kejudul diatas, knapa SLR nulis ducati tidak menggunakan dua kapasitas mesin itu?? balik lagi ke regulasi, jika ducati memutuskan memakai mesin 800cc, tentu ducati akan dibatasi dalam pemakaian mesin(800cc hanya boleh memakai 6 mesin dalan satu musim sedangkan 1000cc boleh 12 mesin), dan jika ducati menggenapkan kapasitas mesinnya menjadi 1000cc, tentu stroke mesinnya tidak akan bisa dibuat pendek dan berefek pada Rpm mesin yang lebih rendah.

bapaknya ducati- mesin ducati terkahir dari tangannya...

Menurut Filippo Preziosi, selaku Babe’nya ducati, dukati kemungkinan besar tidak akan memakai kapasitas mesin 1000cc, akan tetapi kemungkinan memakai kapasitas mesin 900cc atau 930cc didasari alasan diatas, yaitu untuk mengakali regulasi, dengan membuat stroke lebih pendek.

berikut petikan pembicaraan Filippo Preziosi pada Ducati news today:

“kami sudah memuali mendesain konsepnya dan menentukan kapasitas mesin terbaik untuk menghasilkan power dan konsumsi bahan bakarnya, kami berkonsentrasi pada ini”. dan juga dia mengatakan “belum jelas jika kapasitas mesin 1000cc menjadi terbaik, akan tetapi masih jadi bahan perundingan. yang termungkin adalah berkapasitas 900cc bahkan mungkin juga lebih besar lagi yaitu 930cc. dan kemungkinan lagi kami akan merisetnya dari tahun ke tahun. dan pada akhirnya saya berharap mesin ini siap untuk diturunkan untuk musin 2012.”

Tidak ada komentar: