Rabu, 29 Februari 2012

trik menaikkan tegangan pengisian aki

Lumayan nih, sedikit artikel buat yang udah nge FWin supri dengan system pemakian Kiprok TIGER, buat (jaga²) akinya ngga tekor..
Kalo ini trik menaikkan tegangan pengisian aki pada system fullwave/kelistrikan full DC. Yang kelistrikannya AC gak bisa pake. syaratnya cuman 1, kiprok yg ente pake pake kiprok tiger (apapun mereknya). kiprok thunder,vixion,byson,ninin250, ga bisa menggunakan trik ini. jadi hanya bisa di kiprok tiger...
Eh ada satu lagi yg bisa, kiprok binter merzy.
Caranyanya menggunakan diode, jumlah diode tergantung. harga diode 100rp/ekor. diode pakai diode 1amper tipe 1N4001-1N4007. (seperti di gambar)

Pasang diode di pin monitor tegangan (tengah), sisi negatif diode (ada garis putih), masuk ke pin monitoring kiprok. terserah mau pasang 1, 2, atau bahkan 3. setiap sebiji diode, bisa menaikkan tegangan pengisian 0.5-1V.
fungsi diode untuk menurunkan tegangan di pin monitor. dengan turunnya tegangan, kiprok akan mengira tegangan pengisian kurang besar, jadi dia memperlambat proses pembuangan kelebihan arus ke massa. hsailnya tegangan pengisian aki akan meningkat.
Coba2 aja mulai sebiji diode. tetep monitor tegangan akinya ya, jangan lebih dari 15V untuk aki basah dan 16V untuk aki kering. hasil di tiap motor juga gak akan sama, tergantung spul, kiprok, kabel dan amal perbuatan.

Tidak ada komentar: